Jumat, 12 Agustus 2016

Cara Cerdas Menjadi Seller di Shopee

Banyak yang bilang, jualan di Shopee itu ribet. Padahal kalau tau triknya, bisa menguntungkan kok.
Kenapa ? Karena Shopee (hingga saat ini) masih promosi FREE ONGKIR.
Lho gimana itu free ongkir ?
Iya, Shopee yang menanggung ongkos kirimnya dengan ketentuan :
1. Belanja minimal 70rb dalam 1 toko
2. Sehari maksimal 1 kali
3. Maksimal ongkir yang ditanggung adalah Rp 50.000
Lumayan banget kan.

Terus keuntungan seller yang jualan di Shopee apa dong ?
1. Kita bisa promo FREE ONGKIR dengan syarat order via aplikasi Shopee
2. Pembeli yang biasanya perhitungan masalah ongkir, jadi tak khawatir lagi.
3. Toko kita jadi bisa menjangkau ke seluruh Indonesia, karena biasanya untuk kirim keluar Pulau Jawa mahal.

Nah akhir-akhir ini saya membaca beberapa teman seller tidak berhasil jualan di Shopee. Bukan karena barangnya ga laku, tetapi karena sistem pembayaran-nya yang tidak SELLER FRIENDLY.

Oke saya jelaskan sedikit disini, permasalahan teman-teman sesama seller :
1. Uang tidak segera masuk padahal barang diterima (cek status resi sudah delivered).
2. Tidak seperti Tokopedia, pembayaran customer tidak menjadi Saldo di akun kita.
3. Ternyata ongkos kirimnya tidak diganti sama Shopee.

Memang butuh menyisihkan waktu sedikit untuk melakukan pengecekan pembayaran Shopee.
Lebih gampang, jika penjualan kita sudah pakai aplikasi database jual beli (bisa I-pos atau sejenisnya). Pakai Excel juga bisa asal pencatatan "rapi" ya ada nama pelanggan dan tanggal kita kirim.

1. Uang tidak segera masuk padahal barang diterima (cek status resi sudah delivered).
Permasalahan ini, sebenarnya bukan Shopee menunda-nunda. Tetapi sistemnya dia adalah apabila status resi sudah delivered, status penjualan tidak langsung berubah menjadi SELESAI. Melainkan menunggu pelanggan klik Barang Diterima atau jika pelanggan tidak kunjung klik Barang Diterima Shopee akan otomatis merubah statusnya setelah 3 hari dari resi dinyatakan DELIVERED.


Dari gambar diatas bisa terlihat bahwa pesanan dibuat tanggal 5 Agustus 2016, dan pembeli baru konfirmasi tanggal 11 Agustus 2016. Padahal tanggal 8 Agustus 2016 pesanan sudah sampai (menurut data RESI). 
Jadi, Shopee tidak menunda-nunda pembayaran. Hanya memberikan keamanan bagi buyer-nya.

2. Tidak seperti Tokopedia, pembayaran customer tidak menjadi Saldo di akun kita.
Ini memang perbedaan Shopee dengan Tokopedia. Shopee langsung mentransfer uang penjualan kita ke rekening yang telah kita daftarkan. Ada yang bilang cara ini ribet. Saya kasih tau trik untuk melakukan pengecekan. 
Kita masuk ke menu PENGHASILANKU. Disana terdapat beberapa menu : 
  • Akan dilepaskan >>> Barang yang sudah kita kirim tetapi belum diterima buyer, jadi masih dipegang oleh Shopee
  • Sudah dilepaskan >>> Uang yang telah ditransfer oleh Shopee sesuai dengan penjualan + ongkos kirim yang ditanggung Shopee
Jika ingin mencocokkan penjualan mana saja yang sudah ditransfer, kita klik menu Sudah Dilepaskan.
Nanti dibawahnya akan terlihat penjualan-penjualan yang sudah ditransfer, contohnya di foto ini


Pada menu diatas sudah jelas ya, ada nomor pesanan, pembeli, jumlah dana yang dilepaskan, Dana dilepaskan pada (tanggal berapa Shopee transfer) dan status (pembayaran berhasil atau gagal).
Dan menu disamping adalah laporan transfer (bukti transfer) dana mana saja yang sudah ditransfer.

Nah sekarang bagaimana cara mengecek ini status pembayaran untuk pesanan yang mana?
Seperti yang saya bilang diawal, akan lebih mudah jika kita sudah mempunya aplikasi database penjualan (yang sederhana saja).
Langkah2nya : 
1. Cek berapa jumlah dana yang dilepaskan, di tanggal yang sama. Karena Shopee mentransfer secara akumulasi untuk beberapa penjualan dihari yang sama. Contohnya tanggal 11 Agustus 2016 ini saya ada 2 penjualan yang selesai. Maka saya jumlahnya totalnya, misal Rp 200.000
2. Setelah itu cek di rekening kita apakah dana Rp 200.000 sudah masuk (biasanya ada keterangan dari Shopee, sehingga kita gampang melakukan pengecekan di mutasi internet banking).
3. Setelah dana cocok, mari kita cek apakah dana tersebut sudah termasuk ongkos kirimnya.
4. Klik nomor pesanan nanti akan muncul rincian dana yang telah ditransfer ke kita (contohnya ada digambar bawah)
5. Setelah itu kita cek di database penjualan kita, apakah perhitungannya sama atau ada perbedaan.

Nah jadi jelas ya, pembayaran mana saja yang sudah termasuk penggantian ongkos kirim dan yang tidak?


3. Ternyata ongkos kirimnya tidak diganti sama Shopee.
Seperti foto diatas, ternyata ongkos kirim tidak diganti Shopee. Kenapa ?
1. Kita tidak memasukkan RESI yang valid
2. Kita telat memasukkan RESI, biasanya ini terjadi jika kita pengiriman dengan sistem pickup. JNE datang hari ini untuk pickup sambil membawa RESI yang kemarin. 
Begitu kita masukkan RESI nya ternyata pelanggan sudah klik Barang Diterima. Sehingga status ongkos kirim tidak masuk ke sistem Shopee.

Tapi tenang saja, tetap diganti kok sama Shopee.
Caranya adalah kita kirim email ke subsidiongkir@shopee.co.id dengan subject No Pesanan, Rincian informasi seputar permasalahan dan foto RESI (attachment)
Saya beri contoh isi emailnya ya : 
Dear Shopee,
No. Pesanan 160803102******
Resi JNE DPKL3005799*****
Ongkir : Rp 9,000
belum di transfer.
Hal ini sering terjadi karena kekurangan toko kami tidak bisa langsung input resi, tetapi baru besoknya karena JNE dikami sistem pickup. Sehingga saat kami belum input resi, dan barang telah diterima customer maka status order menjadi selesai saat customer klik barang diterima.

Mohon maklum dan harap diproses

Apabila kita sudah mempunyai karyawan, lebih enak lagi tinggal nyuruh mereka melakukan pengecekan. Lebih tidak ribet lagi hehehe

Semoga menjadi jelas ya, dan semangat jualan lagi. Jangan pernah takut untuk menerima perbedaan, karena sejatinya perbedaan itu indah.
#maaf
#silahkan
#pingsan
*jika kalimat terakhir itu membuat anda mual hehehe

11 komentar:

Unknown mengatakan...

Mba terimakasih infonya sangat membantu.
Apakah jumlah ongkir yang akan diganti ke kita sudah terlihat sebelum barang dikirim?
Atau harus nunggu input resi dulu baru jumlah ongkir yang diganti dari Shopee terlihat.
Terimakasih

charline mengatakan...

mbak aku penjual di shopee mau tanya kemaren ada pembeli hari jumat pesan barang jam 4 sore terus di tempatku jne sudah tutup jam 4sore.dipenjualanku waktu pengemasan smp 3 hari.jne sabtu minggu tutup dan senin libur nasional di shopee barang pesanan harus di kirim sebelum hari senin aku bisanya kirim hari selasa .gimana itu mbak ???

Unknown mengatakan...

Mbak terimankasih tulisannya. Sangat membantu untuk pemula di shopee :)

Unknown mengatakan...

Hi, mau tny dong. Saya newbie seller shopee. Nah kebetulan dpt pembeli yg rmhnya dkt dgn lokasi saya. Krn brgnya pecah belah mau sy antar lsg saja. Kalau input no resi tidak valid, apakah bermasalah nanti? Saldo bisa masuk ke rekening kita kah?
Terima kasih banyak

Unknown mengatakan...

Mau tanya.. Apabila barang sudah di kirim seller tetapi buyuer menerima barang yang tidak sesuai pesanan, contoh pesan handphone yg di kirim malah cream oil. Lalu buyer menolak pesanan lalu pihak jasa pengiriman tidak mengkonfirmasi barang di terima (status barang di tolak). Otomatis status d shopee tidak akan berubah dan akan tetap (proses pengiriman).
Nah apakah uang buyer bisa kembali atau dana akan tetap masuk ? Mohon bantuan nya

Unknown mengatakan...

Mau tanya.. Apabila barang sudah di kirim seller tetapi buyuer menerima barang yang tidak sesuai pesanan, contoh pesan handphone yg di kirim malah cream oil. Lalu buyer menolak pesanan lalu pihak jasa pengiriman tidak mengkonfirmasi barang di terima (status barang di tolak). Otomatis status d shopee tidak akan berubah dan akan tetap (proses pengiriman).
Nah apakah uang buyer bisa kembali atau dana akan tetap masuk ? Mohon bantuan nya

Vina Septiana Permatasari mengatakan...

Makasih banyak.. sangat membantu

Unknown mengatakan...

Mantap penjelasannya,salam entrepreneur

Unknown mengatakan...

Maaf kak mau tanya, kan saya jualan terus udah diterima tapi kenapa gak langsung masuk rek ya? Kenapa ke shopee pay dulu?

imyonie mengatakan...

Thanks for sharing.
Sangat bermanfaat

imyonie from keeyosk

Unknown mengatakan...

Saya baru mau jualan di shoope, gmna caranya ya guys, brang nya kita packing dulu atau pihak JnE yg packing produk yg mau kita jual?
Mhon pengarahan nya ya guyss